8 Kepribadian dalam mengelola keuangan

8 Kepribadian dalam mengelola keuangan


Tiap-tiap orang mempunyai money archetype (budaya dalam diri waktu hadapi keuangan) yang tidak sama. Ketidaksamaan archetype ini bikin cara pandang seorang pada duit jadi tidak sama juga. Termasuk juga bagaimanakah seorang memperlakukan duit.

Jenis archetype bukanlah tunjukkan kepribadian Anda, tetapi lebih dalam mengarahkan tempat dimana anda ada. Berarti, bagaimanakah ciri-ciri serta rutinitas Anda tentang pengelolaan keuangan dapat dikenali dari sini. Dengan mengetahui ciri-ciri ini, juga sebagai individu Anda dapat hindari dari kebocoran keuangan. Efek positif yang lain lebih merasa pada pasangan. Anda serta pasangan dapat lebih sama-sama mengetahui serta dapat mencari jalan keluar keuangan yang menyeimbangkan jalinan.

Coach Yuza Aziz serta Coach Tom MC Ifle, yang memiliki iCOACH, menuturkan delapan jenis money archetype serta efeknya :

1. Innocent
Seorang yang mempunyai jenis ini condong mempunyai rasa takut, tak yakin diri, serta tidak ingin pikirkan permasalahan keuangan. Beberapa orang jenis ini mempunyai rasa ketakutan yang tinggi saat dihadapkan dengan beberapa hal yang terkait dengan keuangan. Dia terasa tak mempunyai kemampuan serta kekuatan untuk mengatur semua seuatu perihal duit.

Efeknya, bila seorang memperoleh duit dalam jumlah besar, bakal gampang habis. Lantaran rutinitas yang dipunyai orang dengan jenis ini condong tak bertanggungjawab dengan duit.

2. Victim
Umumnya orang yang mempunyai jenis ini condong bakal menyalahkan orang lain saat alami satu permasalahan. Mereka bakal terasa cemas bila permasalahan yang dihadapi bakal berbalik menerpa diri mereka. Oleh karenanya, untuk menyelamatkan diri, mereka bakal menyalahkan orang lain juga sebagai pemicu terjadinya permasalahan itu. Ciri-ciri mendasarnya, orang jenis ini tak gampang yakin pada orang lain.

Efeknya, duit jadi tak produktif. Lantaran jenis victim ini tak mempercayakan uangnya untuk investasi atau menabung di bank, umpamanya. Duit cuma bakal disimpan dalam brankas atau bahkan juga dibawah bantal, lantaran tak yakin instansi keuangan.

3. Martyr
Beberapa orang pada jenis ini mempunyai kecenderungan berkorban buat orang lain. Walau sekian, sesudah berkorban untuk orang lain, mereka menginginkan satu balasan. Segi negatifnya, dengan adanya banyak pengorbanan yang dikerjakan untuk orang lain, orang jenis ini kerapkali meremehkan dianya.

Efeknya, jenis martyr ini tak pernah dapat menabung. Orang lain bakal sangatlah memercayakan si martyr ini untuk meminjam duit. Bahayanya lagi, jenis ini tak berani atau bahkan juga malas menagih piutang.

4. Fool
Jenis ini condong mempunyai spontanitas yang tinggi, serta melakukan tindakan tanpa ada dipikirkan lebih masak. Mereka tak memikirkan perihal hari esok. Apa yang ada saat ini, tersebut yang dikerjakan.

" Fool disini lebih pada konyol. Karakternya malas, mengharap duit cepat atau instan, " kata Tom, menyebutkan jenis ini juga sebagai spekulator yg tidak disiplin. Efeknya, spekulator ini berani berhutang cuma untuk kesenangan semata.

5. Tyran
Beberapa orang yang mempunyai jenis ini condong takut kehilangan duit. Umumnya, orang pada jenis ini mempunyai karakter yang serakah serta tak pernah senang. Kerapkali mereka bekerja terlampau keras tanpa ada memperdulikan beragam hal-hal lain di sekitarnya. Bahkan juga sering juga, orang pada jenis ini tak memerhatikan kesehatannya.

Efeknya, jenis ini senantiasa terasa tak pernah cukup hanya keadaan keuangannya. Pada akhirnya condong merekayasa serta terlampau mengontrol.

6. Warrior
Tidak sama dengan ke lima jenis diatas, jenis ini mempunyai kecenderungan untuk membuat inspirasi jadi kenyataan. Beberapa orang dengan jenis ini mempunyai karakter yang bijaksana, memiliki tujuan yang pasti untuk hari esok, serta kalkulatif dalam perhitungan pemasukan serta pengeluaran. Mereka juga mempunyai keyakinan diri serta berhasil dalam permasalahan keuangan.

Jenis ini sangatlah sehat, kata Tom. Orientasinya yang pasti menuju tujuan membuatnya berhasil dengan cara finansial. Jenis seperti ini umumnya didapati pada beberapa entrepreneur berhasil yang disiplin dengan keuangannya.

7. Magician
Orang yang mempunyai jenis ini condong jadikan saat lantas juga sebagai satu evaluasi. Mereka juga berupaya untuk merubah satu inspirasi jadi kenyataan meskipun tampak tak mungkin saja. Beberapa orang dengan jenis ini condong mempunyai karakter idealis, yakin diri, serta memercayakan diri sendiri. Mereka yakin bahwa mereka memanglah bisa mengerjakannya.

Jenis seperti inilah yang diinginkan, kata Tom. Dia jadi tuan atas uangnya serta tak jadi hamba atas duit, terlebih mendewakan duit.

8. Creator/Artist
Jenis ini umumnya ikuti panggilan hati dalam lakukan beragam hal. Mereka juga mempunyai karakter yang idealis serta spiritual yang cukup baik. Mereka juga punya kebiasaan untuk membuat suatu hal.

Kecenderungannya, jenis ini bekerja untuk passion serta tak realistis. Bahkan juga terlampau ekstrem, seolah tak memerlukan duit.


Dengan mengetahui beragam jenis ini, Anda juga sebagai individu terlebih berbarengan pasangan dapat sama-sama menyeimbangkan diri. Dengan demikian bakal lebih gampang temukan rencana serta jalan keluar keuangan.

wdcfawqafwef